Home Resonansi Internalisasi Tauhid Islam Berkemajuan (ITTIBA) UMT

Internalisasi Tauhid Islam Berkemajuan (ITTIBA) UMT

220
0

Turizal Husein
Dosen Tetap FAI UMT
_
Internalisasi Tauhid Islam Berkemajuan (ITTIBA) adalah salah satu tahapan yang harus dilalui mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa semester akhir sebelum menulis laporan akhir (skripsi). Pelaksanaan ITTIBA yang kemudian disusul dengan Ujian Komprehensif (UK) dapat dijadikan LPK AIKA sebagai media dan sekaligus ujian kompetensi mahasiswa terhadap mata kuliah AIKA yang telah mereka ampuh selama 5 semester apakah benar-benar sudah mampu mereka peraktekkan dan mereka pahami?. Apakah muatan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada pembelajaran AIKA selama ini sudah menjadi pengalaman dan prilaku kehidupan mereka sehari-hari ?. Oleh karena itu dengan mengikuti program ITTIBA dan UK ini mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang paripurna terkait dengan Kemuhammadiyahan.

Pembukaan ITTIBA tahun ini , Kamis 1 April 2021 di laksanakan di Auditorium Jendral Sudirman. Acara yang di ikuti 3500 Mahasiswa ini di laksanakan secara blended system yaitu sebagian mengikutinya secara online dan sebagian lainnya yaitu 30 mahasiswa yang hadir di auditorium sebagai perwakilan fakultas sekaligus pengukuhan sebagai peserta Ittiba. Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, Dr. H. Ahmad Amarullah, M. Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir sebelum mereka mengikuti sidang skripsi. “Jadi Anda yang akan menyandang gelar sarja S1 harus punya SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah), salah satunya dari Ittiba”. Kegiatan ITTIBA dan UK ini sebagai pengganti kegiatan Daarul Arqam sebelumnya. Rektor UMT menjelaskan Daarul Arqam adalah nama sistem pengkaderan yang ada di Muhammadiyah beserta Ortom-Ortomnya. Sedangkan ITTIBA di peruntukkan khusus bagi mahasiwa S1 yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Tangerang. oleh karena itu jadikan kegiatan ini sebagai media untuk melatih mental, disiplin dan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebelum makhasiswa terjun di masyarakat dan dunia keja masing-masing.

Kegiatan ITTIBA dan UK tahun ini juga dihadiri oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M. Ed. Dalam Studium General yang bertajuk Optimalisasi, Implementasi Nilai-Nilai Islam dan Kemuhammadiyahan Menuju Masyarakat Berkemajuan beliau mengapresiasi kegiatan pembekalan untuk calon sarjana tersebut, terutama dalam pemahaman tauhid keimanan yang berkemajuan. Setelah Anda terjun ke masyarakat jagalah nama baik almamamater Anda. Jadilah sarjana-sarjana yang meredeka, sarjana yang tidak dibutakan oleh hawa nafsu dan kekuasaan belaka. Kesuksesan hanya dapat di raih jika Anda sregep dan rajin. Di Indonesia ini hanya sedikit orang-orang yang pintar. Anda menang sregep dan pintar saja, maka Anda akan meraih kemenangan dan kesuksesan.
Selamat mengikuti ITTIBA dan UK. Jaga nama baik almamater dan Kampus . Tunjukkan performance terbaik anda.Tetap Semangat dan jaga selalu kesehatan.
_
Tangerang, 1 April 2021

Previous articleBersama PS Saya Ingin Maju dan Mendepan
Next articleMendapatkan malam Lailatul Qadar

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.