Home Kultum Pentingnya Meningkatkan Mutu Pribadi dan Institusi

Pentingnya Meningkatkan Mutu Pribadi dan Institusi

181
0

Kultum Dzuhur disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Warsito,M.Pd.

Tema : Pentingnya Meningkatkan Mutu Pribadi dan Institusi

Surat Al-Hasyr Ayat 18

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Jama’ah Sholat Dzuhur yang dimuliakan Allah SWT,

من كان يومه خيرا من أمسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل أمسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من أمسه فهو ملعون

Al Ghazali di Ihya ‘Ulumuddin dari Abdul Aziz bin Rawwad. Dia berkata: “Saya bermimpi bertemu Rasulullah. Saya berkata: ‘Wahai Rasulullah, berilah wasiat kepadaku.’

 mengatakan: ” Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka”

https://www.risalahislam.com/2013/12/barangsiapa-yang-hari-ini-lebih-baik.html?m=1

Jama’ah Sholat Dzuhur yang dimuliakan oleh Allah SWT

Jika kita ingin memperoleh Kebaikan hidup maka Raihlah Mutu, kemudian apa itu mutu?

Mutu adalah Kesesuaian antara Janji, harapan dan kenyataan, jika diibaratkan Pasangan, Mutu adalah Harapan yang diberikan sesuai dengan kenyataan, inilah mutu, dan Ciri Pribadi Muslim yang baik adalah meraih Pribadi yang bermutu yakni Mendapatkan Predikat Orang yang bertaqwa.

Siklus menjadi Pribadi dan Institusi yang bermutu akan lebih baik jika melewati siklus Mutu diantaranya:

Siklus Mutu dilaksanakan dengan pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Action)

Pendekatan PPEPP yakni :

1. Penetapan

2. Pelaksanaan

3.  Evaluasi 

4.  Pengendalian

5.  Peningkatan

Jama’ah Sholat Dzuhur yang berbahagia,

Hari ini Kita akan membahas Peningkatan,

Apa itu Peningkatan Mutu?

Peningkatan mutu adalah melakukan perubahan kearah yang lebih baik dan lebih berbobot serta Bermutu, berkualitas.

Semua pribadi pasti ingin kehidupannya meningkat, baik ekonomi, Status, dan bermutu, bahkan institusi UMT, pasti mempunyai harapan dan upaya untuk meningkat mulai dari akreditasi A menuju  Unggul dan world Class University Green Industry

Bapak/ ibu jama’ah Sholat Dzuhur yang dimuliakan Allah SWT

Sebelum kita meraih Mutu, maka kita harus mengawalinya dengan Rencana, kita harus mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi dan program kerja, setelah itu apakah sudah dilaksanakan, dan jika sudah langkah selanjutnya adalah evaluasi dan meraih peningkatan yang disebut dengan Mutu.

Peningkatan dilaksanakan setelah adanya evaluasi dari pimpinan terkait dan lembaga Evaluasi internal, misalnya ketika seseorang atau lembaga mempunyai 5 (lima) Program dan telah dilaksanakan 10 Program dalam satu tahun maka seseorang dan lembaga tersebut dapat dikatakan adanya peningkatan.

Peningkatan ditentukan diawal, dasarnya dari program yang akan dilaksanakan. Jangan sampai program pertama A, kemudian yang dilaksankan malah C, maka ini keliru bukan peningkatan tetapi kemunduran.

Bahkan untuk menjadi Pribadi beruntung, harus lebih baik dari hari kemarin. Maka ia disebut orang yang bermutu 

” Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka”

Kenapa penting peningkatan mutu dan segala hal?

Secara umum kita ingin lebih baik.Bersaing ingin lebih unggul, tengok kembali program dan tujuan kita, mutu pribadi atau institusi apakah sudah sesuai jika sudah, maka dievaluasi dan lakukan peningkatan Mutu.

Bapak/ibu yang dimuliakan oleh Allah SWT

UMT mempunyai impian besar menjadi Universitas kelas dunia, maka dengan membuat program yang baik dan unggul yang telah dilaksanakan, harus dievaluasi dan peningkatan harus dilakukan semua unsur untuk saling mendukung guna mencapai Keinginan besar tersebut, tidak ada yang superior, maka perlu evaluasi tiap tahun, tiap bulan bahkan tiap Minggu untuk mewujudkan UMT world Class University Green Industry, Amin ya rabbal ‘alamin.

Semoga bermanfaat

Nashrun min Allah wa fathun qoriib

Wabasyiril mu’minin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.