Home Berita Ortom Kiprah Pemuda dalam Lintas Sejarah Islam

Kiprah Pemuda dalam Lintas Sejarah Islam

345
0

Pengajian Pemuda Muhammadiyah Daerah (PDPM) Kota Tangerang dilaksanakan di Masjid Baitul Rahman Cabang Pemuda Muhammadiyah Tangerang Kota, Ahad 7 Agustus 2022.

Saat pembukaan, dalam sambutannya ketua Cabang Pemuda Muhammadiyah Tangerang Kota Arry Eksandy menyampaikan bahwa pengajian kali ini mengangkat tema “membumikan semangat kemerdekaan dalam membangun peradaban Islam Berkemajuan di kota Tangerang” berharap kader pemuda dapat menjiwai semangat muda dalam mengisi etos semangat kader muda di kota Tangerang.

Berikutnya, sambutan ketua pimpinan daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Tangerang Sarli Amri menyampaikan bahwa pengajian bulanan pemuda Muhammadiyah tingkat daerah kembali mulai aktif bersamaan dengan awal tahun baru Islam 1444 Hijrah, yang bertepatan dengan 9 Dzulhijjah 1444 H, maka tahun baru Islam kita mulai dengan semangat baru dan jiwa baru dalam menjemput ruh baru pemuda Muhammadiyah di kota Tangerang, yang sebelumnya pengajian dilaksanakan di cabang masing-masing, dengan menin aktifkan pengajian daerah selama pandemi.

Sarli Amri dalam Sambutannya juga mengingatkan bahwa pengajian dalam Muhammadiyah itu bagaikan kesatuan ruh dengan jasad, jika di pemuda Muhammadiyah sudah tidak ada pengajian maka bagaikan jasad yang telah kehilangan ruh, mengutip perkataan allahuyarham AR. Fakhruddin, mantan ketua PP Muhammadiyah. Karena itu hidup-hidupilah kajian Islam ditiap cabang dan ranting sebagai ujung tombak dakwah Muhammadiyah sesungguhnya, adapun pengajian bulanan kita jadikan sebagai momen untuk saling bersilaturahmi, silatulfikri, silatulqalbi dan juga silatuljam’iyyah Muhammadiyah.

Pengajian bulanan pemuda Muhammadiyah PDPM Kota Tangerang kali ini selalu narasumber adalah ayahanda Abd. Rohim, M.Pd (Ketua PDM Kota Tangerang) memaparkan kiprah pemuda dalam lintas sejarah Islam, semula sejak zaman nabi Muhammad Saw bersama para sahabatnya, kemudian heroik nya generasi muda dalam merebut dan mengisi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, dan juga menguraikan karakter yang harus dimiliki oleh para pemuda diantaranya Semangat perubahan (agen of change), agen pembangunan, memiliki watak modern, agen pendidikan dan terdidik (agen of educational), etos semangat tinggi dalam bergerak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.