Kultum Dzuhur disampaikan oleh ustadz Haji Jawahir Jumhur, MA
Tema : Ucapan Teguh sampai Langit Runtuh
Surat Ibrahim Ayat 27
يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ ۚ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ
Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.
بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ
Ucapan orang beriman Teguh, Tidak Akan Goyah,Kuat, Kokoh dan tak tertandingi baik Dalam Keadaan Senang maupun susah bahkan walaupun Langit Runtuh, kiamat terjadi Aqidahnya akan terus terjaga dengan
Kalimat tauhid, yaitu kalimat Lā ilāha illa l-Lāh (لا إله إلا الله, Tiada tuhan yang disembah selain Allah).
Orang-orang yang beriman akan dikuatkan, diistiqomahkan dengan Allah SWT ingatkan untuk selalu berdzikir, hatihya tidak ragu untuk bertauhid, beribadah yang benar dan bermuamalah yang baik serta akhlaq yang mulia. Tanam dalam diri kita kalimat tauhid yakni :
رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا
Latin: Rodhitu billahi rabba, wa bil-islami dina, wa bi Muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallama nabiyyan wa rasula.
Artinya: “Aku rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).
Asbabun Nuzul Q.S Ibrahim ayat 27
Iman merupakan investasi jangka panjang yang sangat berguna untuk kesejahteraan di dunia dan akhirat. Dengan keimanan yang kiat, tentu kita akan lebih mudah menjalani hidup melalui implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Qur’an dan hadits. Lebih ringan melaksanakan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, sebagai manusia dengan akhlak paling sempurna di dunia. Lantas, bagaimana kualitas keimanan seseorang berpengaruh terhadap kualitas kesejahteraan di akhirat? Berikut hadits shahih yang diambil dari kitab Shahih Bukhari dengan nomor 1280. Hadits ini juga terdapat dalam kitab Fathul Bari dengan nomor 1369. Berikut adalah redaksi haditsnya:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أُقْعِدَ الْمُؤْمِنُ فِي قَبْرِهِ أُتِيَ ثُمَّ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَذَلِكَ قَوْلُهُ { يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ } حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ بِهَذَا وَزَادَ { يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا } نَزَلَتْ فِي عَذَابِ الْقَبْرِ
Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin ‘Umar telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dari Al Bara’ bin ‘Azib radliallahu ‘anhuma dari Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Apabila (jenazah) seorang muslim sudah didudukkan dalam kuburnya maka dia akan dihadapkan (pertanyaan malaikat), kemudian ia bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah. Itulah perkataan seorang muslim sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala (QS Ibrahim ayat 27 yang artinya): (“Allah akan meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu”). Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami Ghundar telah menceritakan kepada kami Syu’bah seperti riwayat ini lalu menambahkannya (firman Allah subhanahu wata’ala): (“Allah akan meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman…”) ayat ini turun berkenaan dengan masalah siksa kubur”.
Manusia didunia ini Tidur dengan simulasi kematian
Surat Az-Zumar Ayat 42
اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَىٰ عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَىٰ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.
Bagi orang beriman yang berhasil membuka banyak hijab dunia dan ia mendapat hidayah-Nya ia akan beruntung, sedangkan bagi orang kafir mereka menyesal dengan kekafirannya.Sebagaimana Firman Allah SWT bahwa Orang-orang yang beriman selalu menghadirkan Allah SWT dalam ibadah dan aktivitasnya Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 18
شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ قَآئِمًۢا بِٱلْقِسْطِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ
Arab-Latin:
Syahidallāhu annahụ lā ilāha illā huwa wal-malā`ikatu wa ulul-‘ilmi qā`imam bil-qisṭ, lā ilāha illā huwal-‘azīzul-ḥakīm
Terjemah Arti: Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
Kita perkuat aqidah Islam kita agar, kuat dan Lurus serta diistiqomahkan oleh Allah SWT.
Bergembira dengan keimanan, Syukurlah atas karunia-Nya dan semakin semangat dalam beramal, jangan ragu dalam beraqidah mudah-mudahan kita dapat mengambil pelajaran. I’tibar Li Ulil Abshor
Nashrun minallah wafathun Qoriib
Wabasyiril Mu’minin
Wassalamu’alaikum Wr Wb.